Minggu, 01 Mei 2011

CRYPTOZOOLOGY

Cryptozoology (κρυπτός, kruptos = "hidden") adalah sebuah cabang zoology yang memusatkan diri dalam dua bidang utama:

1. pencarian "living examples" dari binatang2 yang telah teridentifikasi secara taksonomi melalui catatan fosil tapi diperkirakan telah punah.
2. pencarian binatang yang tidak tercatat secara taksonomi, tapi dipercaya ada dan memiliki bukti-bukti baik dari catatan saksi, legenda rakyat, dll.

Walaupun secara umum bidang ini masih sering dikategorikan sebagai pseudoscience, pada tahun 2004 henry gee, seorang paleoanthropologis dalam jurnal ilmiah terkemuka nature berusaha memberikan bukti bahwa cryptozoology memiliki legitimate scientific value


Beberapa penemuan fenomenal dalam bidang ini misalnya:

* gorila gunung, yang sebelum didokumentasikan pada 1920 dianggap sebagai mitos
* coelacanth yg ditemukan hidup2 pertama kali pada 1938
* megamouth shark tahun 1976 (ada fotonya di salah satu trit di belakang)
* hoan kiem turtle, yang sebelum ditemukan pada tahun 2002 dianggap sebagai mitos
* penemuan fosil homo florensiensis pada tahun 2003 yang mengkonfirmasi legenda "orang pendek"


Monster Danau
Ini merupakan topic yang paling hangat dan terpercaya keberadaannya. Seringkali digambarkan seperti dinosaurus berleher panjang dan bersirip, monster ini sangat mirip dengan plesiosaurus. dan uniknya legenda monster danau selalu menyangkut makhluk yang digambarkan mirip dengan plesiosaurus, selain loch ness yang terkenal itu ada juga di berbagai belahan dunia lain misalnya bronso dragon di danau bronso rusia dan monster danau tianchi di dekat perbatasan cina-korea utara.

Perlu diingat pula kisah2 para saint di abad pertengahan yang mengaku melawan naga atau menantang naga yang dianggap sebagai jelmaan setan/iblis. beberapa juga "didokumntasikan" dalam ilustrasi2. apakah para saint yg memiliki reputasi baik: tidak pernah berbohong dalam kehidupan sehari-hari, akan berbohong soal naga ini?

Dan berikut adalah catatan seorang pejabat dinasti Song: (tranlsated)

There lived a kind of giant mysterious fish in the northern sea. These fish are called Kun. their wings are like the colorful clouds in the sky. When there is a storm in the northern sea, they will fly to the southern sea. They travel three thousand li (Chinese miles).They can fly for six months without rest.

Berikut contoh dari makhluk - makhluk cryptozoology :

1. big foot


2. Tsucinoko
 

3. El Chupacabra
4. Kappa


5. Thunderbird


6. Monster Danau



Sampai sekarang belum diketahu kebenarannya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar