Rabu, 21 Maret 2012

SOSIAL NETWORK SKYPE #2




Tulisan ini melanjutkan dari postingan saya sebelumnya mengenai Sosial Network Skype


KELEBIHAN


1.    Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit . Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.

2.    Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
3.    Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis


4.    Skype dapat secara langsung menyimpan hasil chatting.
Apabila kita selesai chatting bisa langsung menutup semua jendela tanpa harus melakukan proses penyimpanan. Selain itu semua hasil cattingan selama 30 hari sekalipun dapat dilihat dengan mudah

5.    Tampilan jendela skype kelihatan lebih menarik dan professional.
Dengan tampilan yang menarik, membuat skype tampil beda dan kelihatan professional dari aplikasi ini.

6.     Berbicara dengan skype antar komputer/laptop sangat jelas.
Sama dengan berbicara lewat telfon. Bedanya kita harus berbicara didepan laptop atau PC tanpa harus menggunakan mikerofon, apalagi perangkat anda dilengkapi dengan web cam. Maka hasilnya seperti berbicara melalui video streaming.

7.     Proses pengiriman file pada skype lebih mudah.
Dengan kemudahan dalam pengiriman file, skype cocok bagi anda sekalian yang membutuhkan data yang cepat dan siap saji.



KEKURANGAN

1. Penipuan
Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan di internet. Skype juga memiliki kekurangan dalam hal registrasi identitas penggunanya. Hal ini rentan sekali terhadap penipuan, apabila sang user Berhubungan tanpa Webcam.

2. Kapasitas yang besar
Skype memakan 23 MB kapasitas Harddisk ketika dipasang.

3. Koneksi tinggi
Jika anda ingin melakukan hubungan dengan tata muka melalui web cam, maka dibutuhkan koneksi internet yang tinggi.

4.  Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan dipanggil
Penggunaan Skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumya, atau membuat janji terlebih dahulu dengn orang yang akan diajak bicara.


KEAMANAN /  SECURITY




Login

Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. anya.


Lubang Keamanan

New York University Polytechnic Institute telah menemukan lubang keamanan pada Skype yang meninggalkan informasi lokasi pengguna Skype dan aktivitas berbagi secara peer-to-peer yang dapat diakses oleh hacker. Lubang keamanan tersebut ditemukan saat peneliti New York University melakukan penelitian dan pengamatan terhadap 10.000 pengguna Skype dan 20 sukarelawan selama periode dua minggu.
''Seorang hacker mana pun di dunia dapat dengan mudah melacak keberadaan dan mengakses file-sharing dari para pengguna Skype yang terdiri dari berbagai kalangan termasuk politisi, artis dan orang biasa, dan menggunakan informasi tersebut untuk tujuan mengintai, pemerasan atau bahkan penipuan Ini sangat berbahaya.'' kata Profesor Keith Ross dari NYU-Poli ilmu komputer.
Hacker juga dapat melacak gerakan pengguna Skype karena dapat melacak tempat panggilan dari berbagai lokasi. Bahkan menurut Financial Post, dengan adanya lubang keamanan ini memungkinkan para ilmuwan atau hacker mampu mengikuti pengguna Skype selama liburan dari New York ke Chicago dan kemudian sepanjang perjalanan pulang ke Prancis misalnya.
Skype chief information officer - Adrian Asyer mengatakan perusahaannya akan bekerja untuk meningkatkan keamanan dari perangkat lunak Skype.



PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN


1.    Strategi bisinis jalur internet

Dengan adanya internet, merupakan suatu keuntungan yang besar bagi suatu perusahaan. Internet tidak saja memudahkan dan mengefisienkan cara perusahaan atau perorangan untuk berinteraksi namun sebagai media mengkalkulasikan reaksi masyarakat terdapat penerimaan produk atau jasa yang ditawarkan.
Demikian strategisnya kehadiran internet, maka perusahaan yang mampu menguasai pemanfaatan teknologi informasi, baik e-mail, website, google adsense, yahoo messenger, bahkan skype, akan lebih mampu memenangkan persaingan bisnis di masa depan.
Langkah ini juga ternasuk dengan memanfaatkan Skype, sehingga memungkinkan kita dapat  terhubung (on-line) secara simultan dan menciptakan layanan unggul bagi pelanggan.  Dengan teknologi Skype dengan fasilitas web-cam, komunikasi interaktif seputar produk yang kita tawarkan dapat dilakukan.
Teknologi Skype dengan fasilitas web-cam bahkan akan sangat berguna dalam mengkomunikasikan produk kita dengan biaya yang nyaris gratis.


2.    Konferensi / perkumpulan organisasi

Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.

3.    E-learning

Dengan adanya Skype, maka perkembangan e-learning akan menjadi lebih baik lagi. Jadi pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan mudah dan langsung tatap muka yang dilakukan melalui internet.

Sumber :
http://www.teknoup.com/news/12662/lubang-keamanan-pada-skype-tinggalkan-informasi-lokasi-pengguna
http://www.neraca.co.id/2011/09/28/menempuh-strategi-bisnis-jalur-internet/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar