Rabu, 21 Maret 2012

CARA MENGINSTALL JAVA

Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menginstall  Java di dalam computer anda masing – masing. Berbeda dengan program lain, dalam menginstall java masih diperlukan setingan agar java dapat digunakan.
Di sini saya menggunakan  software java  jdk1.6.0_21 yang merupakan tipe java untuk windows. Saya menggunakan windows 7.

Sebelumnya anda harus menginstall java dalam computer anda. Installnya sama seperti software lainnya. Tidak ada yang berbeda. Setelah menginstall, java tidak akan bisa langsung digunakan, karena kita harus membuat PATH agar java dapat dijalankan.


Berikut langkah – langkahnya :

1.    Carilah tempat dimana anda menginstall program java tadi. Misalkan saya menginstallnya di C:\Java\jdk1.6.0_21

2.    Kemudian copi address tersebut

3.    Klik kanan My Computer pilih properties  piih advanced system settings (pada windows 7)
(Nb : Pada windows xp pilih Tab Advanced)

4.    Akan muncul tampilan seperti di bawah


5.    Pilih environment variables, dan keluar tampilan




6. Pilih new pada  user variabel, kemudian isikan seperti di bawah

pada variable value isi directory sesuai anda menginstal java anda, di sini saya install di C:, kemudian versi java anda dan ditambahkan terakhir dengan \bin;





jika sudah selesai klik ok

7.    Selanjutnya anda harus membuktikan apakah andaberhasil menginstall java dan memasukan PATH nya. Masuk ke CommandPromt dan ketikkan javac, jia berhasil akan keluar gambar berikut


Berarti anda telah berhasil, dan java sudah dapat digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar