Contoh Kasus
Di sini akan dijelaskan cara membuat permainan atau game dengan
menggunakan Ogre 3D engine. Ogre 3D hanya sebagai perender hasilnya.
Sedangkan untuk coding dan memetakan objeknya dibutuhkan bantuan dari
aplikasi lain seperti Visual C++, 3D Max dan converter objeknya.
Permainan yang dibuat di sini adalah “Game Menjatuhkan Dadu dengan
Bola”. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah pembuatannya.
Pertama-tama lakukan instalasi pada software 3D max terlebih dahulu,
versi yang digunakan di sini adalah 3D Max 2008. Kemudian install
Converter 3D to mesh, yaitu OgreMaxSceneExporter. Software ini digunakan
untuk merubah objek berekstensi .max, .3ds, dan lain-lain menjadi file
berekstensi .mesh.
Kemudian membuat objek yang nantinya akan digunakan, yaitu sebuah bola
dan enam buah dadu menggunakan 3Ds Max. Kemudian simpan ketujuh objek
tersebut. Konversi objek yang telah dibuat ini dengan cara klik File –
Eksport, setelah itu pilih format berekstensi .mesh agar objek yang
dibuat ini dapat dibuka pada Ogre3D.
Berikutnya lakukan instalasi pada beberapa software pendukung yang
dibutuhkan seperti Visual C++, Ogre SDK, dan Direct X SDK. Setelah itu
masukan objek yang sudah dikonversi berekstensi .mesh tadi ke Ogre SDK
yang telah diinstal. Pada umumnya, Ogre SDK ini terdapat pada direktori C
dan cari folder Ogre SDK. Pilih media – model, lalu tempatkan objek
yang dibuat ke tempat itu.
Buka visual studio 2008 – create new project – Visual C++ win32 console
application, berikan nama pada project yaitu gameKu.cpp dan klik OK,
kemudian next. Pada bagian Application type pilih Windows Application
dan pada bagian Additional options pilih empty project. Selanjutnya akan
dibuat item pada project yang telah dibuat sebelumnya, pada menu
Project –add new item – C++ File (.cpp) – beri nama main – klik Add.
Maka secara otomatis akan muncul editor tempat menulis script cpp.
Berikut adalah link untuk script yang digunakan.
http://dikitdoang.blogspot.com/2010/05/membuat-game-dengan-ogre-3d.html
Buat item baru kembali untuk Header File (.h) dan masukkan script dari link ini kembali.
http://dikitdoang.blogspot.com/2010/05/membuat-game-dengan-ogre-3d.html
Copy folder Media dan folder bin pada Ogre SDK di default path
installation tempat menginstal Ogre ke folder workspace tempat project
yang dibuat berada. Kemudian konfigurasikan path pada file resources.cfg
pada folder debug dan resources.cfg pada folder release. Ganti bagian
../../ .. dengan path tempat default path installation tadi. Setelah
konfigurasi ini selesai, berikutnya lakukan konfigurasi pada properties
project. Pada jendela solution explorer, klik kanan nama project lalu
pilih menu properties. Lakukan konfigurasi seperti ketentuan di bawah
ini.
Pada debug active:
Debugging : Working Directory = ..\bin\Debug
Linker : General : Output File = ..\bin\Debug\hello.exe
Linker : Input : Additional Dependencies += OgreMain_d.lib
Linker : Input : Additional Dependencies += OIS_d.lib
Linker : General : Additional Library Directories = $(OGRE_HOME)\lib
C/C++ : General : Additional Include Directories =
..\include;$(OGRE_HOME)\include;$(OGRE_HOME)\samples\include
Lakukan juga pengaturan untuk folder Release, tetapi ganti bagian
OgreMain_d.lib dan OIS_d.lib di atas menjadi OgreMain.lib dan OIS.lib.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar