Jumat, 18 Maret 2011

TUGAS INTERNET DASAR

TUGAS AKHIR INTERNET DASAR


Search Engine
Mencari dan menelusuri World Wide Web yang begitu luas sudah tentu harus didukung dengan layanan search engine ataupun portal yang handal, lalu apakah search engine dan portal itu.
Search Engine adalah suatu Web site yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi. Beberapa search engine memiliki pendekatan teknik searching yang berbeda. Beberapa search engine yang terkenal antara lain:
  • Yahoo, menyediakan tatanan informasi yang telah terkategori (www.yahoo.com)
  • Google, menyediakan suatu metode search engine dengan multi language serta pengelompokkan dalam pencarian informasinya (www.google.co.id)
  • Lycos, menyediakan suatu metode search engine yang memanfaatkan teknik fuzzy, sehingga bila tidak diketahui dengan pasti keywordnya, pencrian tetap dapat dilakukan. Misal untuk mencari Akhmad atau Ahkmad (www.lycos.com)
  • Altavista, merupakan search engine yang peling cepat (www.altavista.com)
  • Copernic 99, menggunakan beberapa search engine sekaligus, menyaring hasil rangkap dan menandai kata-kata yang dicari (www.coopernic.com)
  • Astalavista, merupakan search engine untuk mencari program-program crack suatu software pada komputer (www.astalavista.box.sk)
  • Softseek, merupakan search engine yang berfungsi untuk melakukan pencarian berbagai macam software baik yang freewre maupun shareware (www.softseek.com).
  • Searchindonesia, merupakan search engine yang ada di indinesia yang sangat baik untuk mencari informasi yang berkenan dengan indonesia, tetapi kuang memuaskan untuk pencarian informasi secara global (www.searchindonesia.com)






Portal
Salah satu fasilitas yang ada di web yang bisa dimanfaatkan untuk mencari suatu informasi di internet adalah portal, baik portal maupun search engine, keduanya mempunyai kemiripan bahkan ada search engine yang juga berfungsi sebagai portal contohnya (www.astaga.com)
Lalu apakah portal itu sebenarnya. Portal adalah suatu layanan pada web yang juga mempunyai database yang sangat banyak mengenai informasi dan didalamnya terdapat berbagai macam berita-berita uptodate, atau bisa dikatakan portal itu mirip dengan media informasi yang pada umumnya kita gunakan, apakah berupa koran ataupun majalah dan lain-lain, yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang setiap saat dapat berubah, sesuai dengan ke aktualan berita tersebut. Mungkin dengan adanya portal ini maka bagi para pengguna internet dapat memanfaatkannya sebagai alternatif dari media cetak (koran) yang selama ini sering digunakan.

Beberapa portal yang terkenal antara lain:
  • Iklan baris, merupakan portal yang didalamnya menyediakan berbagai macam penawaran barang dan jasa, seperti komputer, handphone, automotive dan masih banyak lagi baik yang masih baru maupun yang bekas, penjualan software-software tertentu (www.iklanbaris.co.id)
  • Onklik, merupakan portal informasi didalamnya sangat aktual bahkan sampai mengenai alamat-alamat wartel di jabodetabek (www.onklik.com)
  • Astaga, juga merupakan portal yang berfungsi sebagai search engine (www.astaga.com)
  • Eramuslim, merupakan portal yang didalamnya terdapat berbagai macam bahasan mengenai keislaman (www.eramuslim.com)
  • Detik, merupakan salah satu portal yang berada di indonesia yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang aktual termasuk harga dollar dan kurs saham (www.detik.com). Dan lain-lain.

Web Browser
Untuk dapat mengakses layanan WWW, diperlukan program aplikasi client WWW, yang biasa dikenal sebagai Web Browser. Ada banyak Web Browser yang ada seperti:
·         NCSA Mosaic
·         Netscape Navigator / Communicator
·         Internet Explorer
·         Mozilla Firefox
·         HotJava
·         I-Comm
·         Oracle Power Browser dan sebagainya

Disini akan digunakan sebagai contoh salah satu browser yang cukup popular yaitu Mozilla Firefox.
Beberapa fasilitas utamanya adalah:
·         WWW client
·         Gopher client
·         ftp client
·         news client
·         html editor
·         mail reader

Definisi BLOG
            Blog merupakan singkatan dari “web blog” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah BLOG
            Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar