Sabtu, 07 Januari 2012

RAHASIA PRESENTASI STEVE JOBS

Teknik Presentasi adalah salah satu elemen dalam Desain Komunikasi Visual khususnya di bidang multimedia. Dan salah satu tokoh yang sangat terkenal dengan kemampuannya dalam teknik presentasi adalah Steve jobs. Di sini saya akan mendeskripsikan teknik – teknik steve jobs dalam  mempresentasikan produk Applenya.

Sebelumnya mari kita ketahui biogragi Steve Jobs sendiri. Steven Paul "Steve" Jobs (lahir di San Fransisco,California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955- meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006.

Di dalam bukunya yang berjudul “ The Presentation Secrets of Steve Jobs: How to be Insanely Great in Front of Any Audience”, pelatih komunikasi dan kolumnis BusinessWeek Carmine Gallo mengungkapkan teknik-teknik presentasi yang telah membuat  CEO Apple menjadi salah satu komunikator dunia yang luar biasa. Lebih dari tiga dekade, Steve Jobs telah mengubah acara peluncuran produk menjadi sebuah bentuk seni. 

 Berikut teknik – teknik presentasi Steve Jobs :




1.    Rencanakan dalam bentuk analog




Dalam presentasinya Steve Jobs selalu membuat suatu cerita seperti dalam box office dengan adanya tokoh pahlawan dan took penjahat di dalamnya. Dan, seperti sutradara film, Steve Jobs menggunakan storyboard untuk menentukan plot presentasinya. Pada tahun 1984 ketika dia memperkenalkan macintosh, IBM mewakilkan penjahat., kemudian menjelaskan permasalahan yg terjadi kepada pendengar.


2.    Buatlah secara simple.

"Simplicity is the ultimate sophistication." (Steve Jobs)
Menurut penelitian sebuah ide akan lebing mudah diingat apabila ide tersebut dipresentasikan secara gambar, daripada sebuah tulisan atau tulisan dengan gambar.Jika sebuah informasi dipresentasikan secara verbal(diucapkan),orang-orang akan mengingat 10% dari konten tersebut 72 jam  kemudian. presentasi tersebut meningkat menjadi 65% apabila dimasukan gambar.




 




3.    Selalu focus pada manfaat





Seorang pendengar presentasi pasti selalu menanyakan satu hal saat mendengarkan presentasi: mengapa saya harus peduli?itulh yang dijawab  Steve Jobs, dia  menjual manfaat di balik setiap produk atau fitur baru – dan dia menerangkannya dengan sangat jelas. Mengapa membeli iPhone 3G? Karena “iPhone 3G dua kali lebih cepat dengan harga setengahnya.” Apa yang begitu hebat pada Time Capsule? ”Semua foto, video, dan dokumen Anda yang tak tergantikan terlindung secara otomatis dan mudah untuk didapatkan kembali jika mereka hilang.” Teknik presentasi ala Steve Jobs ini juga tercermin dalam situs web Apple yang juga terus berfokus pada manfaat misalnya dengan menampilkan artikel “10 Alasan Mengapa Anda Akan Jatuh Cinta Pada Mac.



4.    Jual mimpi bukan produk





Steve Jobs tidak menjual komputer. Dia menjual janji akan dunia yang lebih baik. Dalam presentasinya, Steve Jobs bak seorang penginjil sejati yang didorong oleh semangat mesianis untuk menciptakan pengalaman baru. Ketika Jobs memperkenalkan iPod pada tahun 2001, ia berkata, “Dengan cara kecil kami sendiri, kami akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.” Ketika kebanyakan orang melihat iPod hanya sebagai pemutar musik, Jobs mempresentasikannya sebagai alat untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Tentu saja tetaplah penting untuk memiliki produk yang hebat.



5.    Kuasai panggung



Steve Jobs mempunyai aura yang menarik, suaranya, gerak-gerik badanya mengkomunikasikan, kekuasaan, kepercayadirian dan energy. Steve Jobs tidak dengan mudah mendapatkan hal tersebut, dia mendapatkannya dengan "berlatih". Kapan anda menghabiskan waktu berjam-jam berlatih untuk sebuah presentasi? Dua hari penuh sebelum presentasi Steve jobs akan berlatih tentang keseluruhan presentasinya,ia juga menanyakan masukan akan presentasinya. selama 48 jam semua eneginya dihabiskan untuk membuat presentasi yang sempurna yang dapat menyampaikan pesan Apple's.


6.    Buat Slide Visual



Produk-produk Apple mudah digunakan karena mereka menghilangkan kerumitan. Itu adalah filosofi desain yang juga berlaku untuk setiap teknik presentasi Steve Jobs. Tidak ada bullet point dalam presentasinya. Sebaliknya Jobs menggunakan foto dan gambar. Ketika rata-rata slide PowerPoint memiliki 40 kata, sulit untuk menemukan tujuh kata pada 10 slide presentasi Steve Jobs. Teknik presentasi ini didasarkan pada gagasan bahwa informasi lebih efektif diingat ketika teks dan gambar digabungkan. Misalnya, ketika Steve Jobs meluncurkan Macbook Air, laptop ultra-tipis Apple, ia menunjukkan slide gambar yang memperlihatkan Macbook Air masuk dengan pas ke dalam sebuah amplop manila. Sebuah gambar yang bernilai seribu kata. Steve Jobs pernah berkata, “Simplicity is the ultimate sophistication.” (Kesederhanaan adalah kecanggihan tertinggi.)


7.    Selalu ikuti peraturan 10 menit
Para ilmuwan syaraf telah menemukan bahwa otak menjadi lelah setelah 10 menit presentasi. Dengan kata lain, tidak peduli seberapa menariknya pembicara, penonton akan cenderung menjadi abai setelah sekitar 10 menit. Presentasi Steve Jobs berlangsung sekitar 1,5 jam, tapi setiap 10 sampai 15 menit, ia mengistirahatkan presentasinya dengan video, demonstrasi atau pembicara tamu. Dia tidak memberikan waktu kepada pendengarnya untuk menjadi bosan.



8.    Gunakan kata – kata yang sederhana


Steve Jobs menggambarkan kecepatan 3G pada iPhone terbaru dengan kata “amazingly zippy.” Ketika kebanyakan presenter bisnis menggunakan kata-kata yang terlalu teknis, tidak jelas, atau membingungkan, bahasa Jobs sangatlah sederhana. Dia jarang, jika memang pernah, menggunakan jargon yang menutupi inti presentasi seperti “best of breed” atau “synergy.” Bahasanya sederhana, jelas, dan langsung. CEO legendaris General Electric (GE) Jack Welch pernah berkata bahwa seorang manajer yang merasa tidak nyaman dalam presentasinya biasanya menciptakan kompleksitas untuk bermain aman. Pancarkan keyakinan: berbicaralah dengan sederhana. Teknik Presentasi Ala Steve Jobs nomor 10 : Gunakan Kata-kata yang Sederhana.


9.    Have fun

Kebanyakan Presentator kehilangan fakta bahwa pendengar ingin mendapatkan informasi dan hiburan. Presentasi Steve Jobs seperti acara yang menarik, ia mengajarkan pendengar sesuatu yang baru, mengungkapakan produk-produk baru dan ia senang melakukannya. "you're time is limited so don't waste it living someone else's life. Dont't be trapped y dogma-which is living with the result of other people's thinking. Don't let the noise of other's opinion drown out your own inner voice. STAY HUNGRY, STAY FOOLISH." (Steve Jobs)




Sumber :
http://www.slideshare.net/cvgallo/the-presentation-secrets-of-steve-jobs-2609477

http://www.berlinsianipar.com/teknik-presentasi-ala-steve-jobs